Jumat, 10 Januari 2014

TUGAS SISTEM KOMUNIKASI INDONESIA



MODEL POLA KOMUNIKASI DENGAN MEDIA INTERNET
Sebagai awal untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia sangat membutuhkan yang namanya informasi dan hiburan. Apalagi dalam interaksinya dalam lingkungan masyarakat. Untuk medapatkan informasi maupun hiburan, kita dapat menggunakan media massa. Media Massa dapat dibedakan kedalam media elektronik seperti Radio, TV, Internet, dll dan media cetak seperti surat kabar, majalah, pamflet, buku dan lain-lain.
          Komunikasi dengan menggunakan media internet secara teknis dan fisik merupakan fenomena baru proses komunikasi yang dilakukan manusia pada akhir abad 20 dan telah menjadi bagian integral dari masyyarakat, pendidikan, industri dan pemerintahan. Sedangkan secara akademis komunikasi bermedia internet merupakan konsep dan area studi yang relatif masih dan baru belum banyak tersentuh.
Beberapa ekksplorasi tentang media internet memberikan kontribusi pada terminologi komunikasi bermedia internet atau Computer Mediated Communication. Pixy Ferris secara general mendefinisikan komunikasi bermedia internet sebagai “interaksi secara interpersonal yang dihubungkan oleh komputer, yang meliputi komunikasi asynchronous dan synchronous melalui fasilitas dalam internet.
Dengan pesatnya kemajuan teknologi setiap orang bisa menjadi komunikator sekaligus komunikan melalui media internet karena siapa saja bebas mengakses internet, baik itu ibu rumah tangga, pelajar/mahasiswa bahkan para pekerja kantoran dan hal ini sering juga disebut jurnalisme warga atau citizen journalism bahkan khusus internet disebut net citizen.
Adapun karakteristik media internet adalah sebagai berikut :
a)   Internet adalah media berbasis komputer yang semula berawal dari media “tools” untuk menyimpan serta mengolah informasi data, setelah mengalami modifikasi (dengan saluran telepon dan modem) digunakan sebagai media (elektronik) komunikasi dalam bentuk jaringan (network) yang luas dan mengglobal.
b)   Internet sebagai media komunikasi memiliki penawaran interaktif yang dinamis terhadap penggunanya/user, jauh melebihi penawaran interaktif pada media televisi dan radio (yang terbatas pada satu program dan isi materi acara). Bahkan internet memberikan penawaran pencarian informasi yang diinginkan melalui fasilitas query dan boelan dengan menggunakan kata kunci (keywords).
c)   Media internet mampu menjadi pusat informasi dan sumber informasi yang tidak terbatas dan pada suatu institusi tetapi juga memberikan kesempatan pada setiap user/individu untuk menjadi sumber/komunikator, oleh Rafaeli ini disebut (1999) sebagai switching.
d) Dampak yang ditimbulkan oleh media internet beberapa diantaranya sama dengan media lain, namun dampak sangat jauh berbeda, Don Tappscot (dikutip Djamaludin Ancok, 2000) memprediksikan dampak dari media internet adalah pergeseran pola hidup secara umum. Pola hidup manusia akan sangat tergantung kepada komputer yang menggambarkan besarnya keterlibatan teknologi informasi dalam hidup manusia. Dampak ini akan terus berlanjut hingga produkproduk yang dikelola komputer menjadi produk yang cerdas (smart product).
e) Dampak dari sudut sosial budaya dan ekonomi, diprediksi akan membawa pada pengeluaran keuangan yang lebih untuk mendapatkan akses dan kelebihan dari media internet, baik itu dimiliki sendiri atau menggunakan jasa rental. Keasyikan tersendiri dalam menggunakan internet menjadikan semacam kecanduan yang mau tidak mau membawa ke arah pengeluaran keuangan yang lebih. Namun dampak dari segi budaya adalah munculnya trend centre gaya hidup dengan penambahan pengetahuan dari media internet. Kemudahan dan penggunaan praktis yang ditawarkan media internet juga akan membawa masyarakat pada ketidakberdayaan terhadap implikasi teknologi tersebut.
f)    Perbedaan yang terakhir dari lateral sebagai media lebih menonjolkan superior media internet sebagai media yang “beraneka rupa” (mulfaceted) dan yang berisi banyak perbedaan konfigurasi proses komunikasi pada fasilitas-fasilitas yang dimiliki. Variasi bentuk komunikasi yang berlangsung tercampur hubungan komunikasi interpersonal dan komunikasi massa.

          Berdasarkan karakteristik dari media internet tersebut, terlihat bahwa setiap orang bisa melakukan komunikasi dengan menggunakan media tersebut. Baik berada dalam satu lingkup tempat maupun berjauhan tempat. Dengan adanya media internet ini akan mempermudah tiap orang atau pun individu untuk berkomunikasi.

1 komentar:

  1. If you're attempting to lose pounds then you certainly have to get on this totally brand new personalized keto plan.

    To create this keto diet, certified nutritionists, fitness trainers, and top chefs united to produce keto meal plans that are useful, painless, money-efficient, and delicious.

    Since their grand opening in early 2019, hundreds of people have already remodeled their figure and health with the benefits a professional keto plan can give.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones offered by the keto plan.

    BalasHapus