MODEL
POLA KOMUNIKASI DENGAN MEDIA INTERNET
Sebagai
awal untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia sangat membutuhkan yang namanya
informasi dan hiburan. Apalagi dalam interaksinya dalam lingkungan masyarakat.
Untuk medapatkan informasi maupun hiburan, kita dapat menggunakan media massa.
Media Massa dapat dibedakan kedalam media elektronik seperti Radio, TV,
Internet, dll dan media cetak seperti surat kabar, majalah, pamflet, buku dan
lain-lain.
Komunikasi dengan menggunakan
media internet secara teknis dan fisik merupakan fenomena baru proses
komunikasi yang dilakukan manusia pada akhir abad 20 dan telah menjadi bagian
integral dari masyyarakat, pendidikan, industri dan pemerintahan. Sedangkan
secara akademis komunikasi bermedia internet merupakan konsep dan area studi
yang relatif masih dan baru belum banyak tersentuh.
Beberapa
ekksplorasi tentang media internet memberikan kontribusi pada terminologi
komunikasi bermedia internet atau Computer Mediated Communication. Pixy Ferris
secara general mendefinisikan komunikasi bermedia internet sebagai “interaksi
secara interpersonal yang dihubungkan oleh komputer, yang meliputi komunikasi
asynchronous dan synchronous melalui fasilitas dalam internet.
Dengan pesatnya kemajuan teknologi setiap orang bisa menjadi
komunikator sekaligus komunikan melalui media internet karena siapa saja bebas mengakses
internet, baik itu ibu rumah tangga,
pelajar/mahasiswa bahkan para pekerja kantoran dan hal ini sering juga disebut jurnalisme
warga atau citizen journalism bahkan
khusus internet disebut net citizen.
Adapun
karakteristik media internet adalah sebagai berikut :
a) Internet adalah media berbasis komputer yang
semula berawal dari media “tools” untuk menyimpan serta mengolah informasi
data, setelah mengalami modifikasi (dengan saluran telepon dan modem) digunakan
sebagai media (elektronik) komunikasi dalam bentuk jaringan (network) yang luas dan mengglobal.
b) Internet sebagai media komunikasi memiliki
penawaran interaktif yang dinamis terhadap penggunanya/user, jauh melebihi
penawaran interaktif pada media televisi dan radio (yang terbatas pada satu
program dan isi materi acara). Bahkan internet memberikan penawaran pencarian
informasi yang diinginkan melalui fasilitas query dan boelan dengan menggunakan
kata kunci (keywords).
c) Media internet mampu menjadi pusat informasi
dan sumber informasi yang tidak terbatas dan pada suatu institusi tetapi juga
memberikan kesempatan pada setiap user/individu untuk menjadi
sumber/komunikator, oleh Rafaeli ini disebut (1999) sebagai switching.
d)
Dampak yang ditimbulkan oleh media internet beberapa diantaranya sama dengan
media lain, namun dampak sangat jauh berbeda, Don Tappscot (dikutip Djamaludin
Ancok, 2000) memprediksikan dampak dari media internet adalah pergeseran pola
hidup secara umum. Pola hidup manusia akan sangat tergantung kepada komputer
yang menggambarkan besarnya keterlibatan teknologi informasi dalam hidup
manusia. Dampak ini akan terus berlanjut hingga produkproduk yang dikelola
komputer menjadi produk yang cerdas (smart product).
e)
Dampak dari sudut sosial budaya dan ekonomi, diprediksi akan membawa pada
pengeluaran keuangan yang lebih untuk mendapatkan akses dan kelebihan dari
media internet, baik itu dimiliki sendiri atau menggunakan jasa rental.
Keasyikan tersendiri dalam menggunakan internet menjadikan semacam kecanduan
yang mau tidak mau membawa ke arah pengeluaran keuangan yang lebih. Namun
dampak dari segi budaya adalah munculnya trend centre gaya hidup dengan
penambahan pengetahuan dari media internet. Kemudahan dan penggunaan praktis
yang ditawarkan media internet juga akan membawa masyarakat pada
ketidakberdayaan terhadap implikasi teknologi tersebut.
f) Perbedaan yang terakhir dari lateral sebagai
media lebih menonjolkan superior media internet sebagai media yang “beraneka
rupa” (mulfaceted) dan yang berisi banyak perbedaan konfigurasi proses
komunikasi pada fasilitas-fasilitas yang dimiliki. Variasi bentuk komunikasi
yang berlangsung tercampur hubungan komunikasi interpersonal dan komunikasi
massa.
Berdasarkan
karakteristik dari media internet tersebut, terlihat bahwa setiap orang bisa
melakukan komunikasi dengan menggunakan media tersebut. Baik berada dalam satu
lingkup tempat maupun berjauhan tempat. Dengan adanya media internet ini akan
mempermudah tiap orang atau pun individu untuk berkomunikasi.
If you're attempting to lose pounds then you certainly have to get on this totally brand new personalized keto plan.
BalasHapusTo create this keto diet, certified nutritionists, fitness trainers, and top chefs united to produce keto meal plans that are useful, painless, money-efficient, and delicious.
Since their grand opening in early 2019, hundreds of people have already remodeled their figure and health with the benefits a professional keto plan can give.
Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones offered by the keto plan.